Pertumbuhan dan perkembangan adalah dua konsep penting yang saling berkaitan. Pertumbuhan dapat diartikan sebagai proses peningkatan ukuran fisik organisme, seperti tinggi, berat, atau volume. Sedangkan perkembangan adalah proses menuju kematangan atau kedewasaan dalam struktur, fungsi, dan perilaku organisme yang bersifat kualitatif. Tahap pertumbuhan dan perkembangan pada setiap anak hasil capaiannya tidak sama. Hal ini dikarenakan setiap tahap pertumbuhan dan perkembangan anak memiliki keunikan sendiri. Keduanya adalah suatu proses yang berkesinambungan serta merupakan hasil interaksi dari banyak faktor. Akan tetapi diluar itu, anak usia 1-3 tahun memerlukan perhatian khusus dari orang tua. Hal ini dikarenakan anak usia dini berada pada masa emas atau “golden age”, yaitu periode awal kehidupan yang sangat penting bagi perkembangan fisik, kognitif, sosial, dan emosionalnya. Golden Age pada anak adalah masa emas anak yang merupakan masa penting untuk mengoptimalkan perkembangan terbaik mereka. Pada masa ini, perkembangan otak anak sangat cepat dan pesat, sehingga rangsangan dari lingkungan akan sangat mempengaruhi kemampuan dan karakter anak di masa depan. Kedepannya meskipun bertambah dewasa, apa yang terjadi pada masa Golden Age akan tetap terekam kuat di alam bawah sadar mereka.
Meningkatkan Pengetahuan : Memberikan pemahaman mendalam tentang masa penting yaitu usia 1-3 tahun bagi tumbuh kembang anak. 2. Pengembangan Keterampilan Praktis : Melatih tenaga kesehatan dalam menangani urgensi tumbuh kembang anak usia 1-3 tahun, serta mengajarkan strategi yang efektif dalam pendampingan
1. Memperkenalkan konsep dasar pentingnya pertumbuhan dan perkembangan anak pada usia 1-3 tahun. 2. Melatih keterampilan tenaga kesehatan dalam melakukan penilaian dan deteksi dini terkait gangguan pada anak usia 1-3 tahun. 3. Memberikan informasi tentang kebutuhan nutrisi dan stimulasi yang sesuai untuk mendukung perkembangan optimal anak usia 1-3 tahun. 4. Mengembangkan kemampuan komunikasi tenaga kesehatan untuk memberikan edukasi yang jelas terkait penanganan gangguan pada anak usia 1-3 tahun. 5. Meningkatkan keterampilan tenaga kesehatan dalam menangani tantangan pada fase usia ini, seperti tantrum, pembentukan kebiasaan, dan komunikasi awal.