Rumah sakit merupakan sarana pelayanan kesehatan baik individu maupun masyarakat. Rumah sakit sebagai bagian terdepan dalam memberikan pelayanan kepada individu dan masyarakat, diperlukan tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan medis dengan prima. Baik dokter maupun perawat sebagai tenaga kesehatan berperan untuk memberikan pelayanan yang konstan dan kordinatif untuk memenuhi kebutuhan pasien, untuk itu tenaga kesehatan dituntut untuk melakukan setiap tugas dan perannya dengan penuh tanggung jawab dan professional.
Kontribusi yang diberikan oleh tenaga kesehatan sangat menentukan kualitas pelayanan rumah sakit. Upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan hal yang harus diperhatikan salah satunya adalah kepuasan kerja perawat, dengan adanya kepuasan kerja yang tinggi, perawat akan memiliki semangat yang tinggi dalam meningkatkan kinerjanya. Salah satu penyebab kepuasan kerja perawat adalah dipengaruhi oleh faktor gaya kepemimpinan. Gaya kepemimpinan yang kurang pas atau kurang cocok dilaksanakan kepala ruangan dalam memimpin dan mengkordinir perawat pelaksana melakukan asuhan keperawatan maka dapat menurunkan kepuasan kerja. Kepuasan kerja perawat merupakan sasaran penting dalam manajemen sumber daya manusia karena secara langsung atau tidak langsung dapat mempengaruhi produktivitas kerja.
Kepala ruangan bertanggung jawab mengawasi perawat pelaksana dalam melaksanakan asuhan keperawatan. Seorang kepala ruangan di tuntut memiliki kompetensi yang lebih dalam melaksanakan fungsi manajerialnya. Kemampuan manajerial yang harus di miliki oleh kepala ruangan adalah perencanaan, pengorganisasian, pergerakan dan pelaksanaan, pengawasan serta pengendalian, dan evaluasi. Sebagai seorang pemimpin harus dapat berkomunikasi dengan baik agar para karyawan dapat mengerti dan memahami harapan pimpinannya. Kepemimpinan dalam keperawatan merupakan penerapan pengaruh dan bimbingan yang ditunjukan kepada semua staff keperawatan untuk menciptakan kepercayaan dan ketaatan sehingga timbul kesediaan melaksanakan tugas dalam rangka mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien.
Kepemimpinan adalah hubungan yang tercipta dari adanya pengaruh yang dimiliki seseorang terhadap orang lain sehingga orang lain tersebut secara sukarela mau dan bersedia bekerja sama untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Di dalam keperawatan, kepemimpinan merupakan keterampilan seorang pemimpin dalam mempengaruhi perawat–perawat lain yang berada di bawah pengawasannya untuk pembagian tugas dan tanggung jawab dalam memberikan pelayanan asuhan keperawatan sehingga tujuan keperawatan tercapai.
Berkenaan dengan hal tersebut, kami dari Media Perawat Indonesia adalah sebuah media informasi, edukasi serta pendidikan dan pelatihan bagi semua profesi kesehatan dalam membantu peserta meningkatkan pengetahuan tenaga kesehatan dan update ilmu melalui webinar Nasional yang bertema: “Manajemen Kepemimpinan Pelayanan Medis & Keperawatan di Rumah Sakit”
Setelah mengikuti Webinar nasional “Manajemen Kepemimpinan Pelayanan Medis & Keperawatan di Rumah Sakit”